Laporan akuntabilitas Kinerja Dinas Pendidikan Kabupaten Garut tahun 2017
Laporan Kinerja Pemerintah Dinas Pendidikan Kabupaten Garut merupakan
laporan pertanggungjawaban Kinerja Dinas Pendidikan Kabupaten Garut dalam
mencapai sasaran strategis. Laporan Kinerja ini disusun dengan tujuan
melaporkan keberhasilan dan kegagalan pencapaian sasaran strategis dan
memberikan umpan balik untuk meningkatkan kinerja.
Laporan akuntabilitas Kinerja Dinas Pendidikan
Kabupaten Garut tahun 2017 disusun melalui pengukuran
data kinerja setelah berakhirnya tahun 2017 yang melibatkan Sekretariat
dan seluruh Bidang Dinas Pendidikan Kabupaten Garut. Capaian Kinerja diukur dengan membandingkan antara target
kinerja yang diperjanjikan dalam dokumen penetapan kinerja dengan hasil
pengukuran kinerja.
Dinas Pendidikan Kabupaten Garut sebagai salah satu
perangkat daerah memiliki kewenangan mengelola berbagai aspek pendidikan yang
menjadi kewenangan Kabupaten Garut. Kewenangan itu meliputi pendidikan formal dan pendidikan non formal.
Dalam upaya meningkatkan kualitas
Sumber Daya Manusia yang diukur dengan IPM Dinas Pendidikan memiliki Visi : “Terbentuknya
Sumber Daya Manusia yang cerdas, berkarakter dan unggul”. yang dijabarkan ke
dalam 3 misi, 3 tujuan, 5 sasaran dan 9
program
Berdasarkan
hasil pengukuran kinerja yang telah ditetapkan dalam perjanjian kinerja Dinas
Pendidikan tahun 2017 diatas, pencapaian sasaran kinerja Dinas Pendidikan
Kabupaten Garut tahun 2017 secara keseluruhan hasilnya disajikan pada gambar
sebagai berikut :
Dari hasil pengukuran kinerja seperti terlihat
pada gambar di atas, secara umum dilakukan terhadap 5 sasaran dengan
menggunakan 13 Indikator yang ditetapkan dalam dokumen Perjanjian Kinerja Tahun
2017. Dari 13 indikator yang diukur, sebanyak 9 indikator (69%) mencapai atau melebihi
target, sebanyak 2 indikator (15%) tidak mencapai target tetapi ada peningkatan
dibandingkan dengan hasil tahun lalu. Sedangkan indikator yang tidak mencapai
target dan tidak mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya sebanyak 9 indikator
(15%).
Tabel Pengukuran capaian kinerja misi
No
|
Misi
|
Banyaknya Indikator
|
Mencapai Target
|
Capaian
|
1
|
Mewujudkan akses yang terjangkau, merata dan
berkeadilan
|
4
|
2
|
50
|
2
|
Mewujudkan pembelajaran yang bermutu
|
7
|
5
|
57.1
|
3
|
Mewujudkan penguatan tata kelola serta
peningkatan efektifitas dan efisiensi SKPD dan pelibatan publik
|
2
|
2
|
100
|
Capaian Misi
|
13
|
9
|
69.2
|
Total anggaran yang digunakan untuk mencapai
target perjanjian kerja adalah Rp. 1.652.619.216.674 terdiri dari Belanja Tidak
Langsung yang dipergunakan untuk membayar gaji aparatur negara sebesar
1.278.967.593.367 (99,83%) dan Belanja
Langung yang dipergunakan untuk kegiatan dan pengadaan barang dan jasa
sebesar 373.651.623.307 (93,33%).
Tabel 3.12 sebaran capaian realisasi anggaran
belanja langsung Dinas Pendidikan Kab. Garut tahun 2017
CAPAIAN
|
Pagu
|
REALISASI
|
SEBARAN REALISASI
|
100%
|
16.895.287.062
|
16.895.760.030
|
4,5%
|
85%-99,99%
|
342.810.871.750
|
340.943.888.277
|
91,2%
|
75%-84,99%
|
80.000.000
|
64.760.000
|
0,0%
|
50%-74,99%
|
22.246.600.000
|
15.746.600.000
|
4,2%
|
25%-49,99%
|
-
|
-
|
0,0%
|
0,01%-24,99%
|
50.000.000
|
615.000
|
0,0%
|
0%
|
18.285.000.000
|
-
|
0,0%
|
Jumlah
|
400.367.758.812
|
373.651.623.307
|
100,0%
|
Sebanyak
95.8% realisasi anggaran tersebar pada capaian 75% hingga 100% atau
dalam kategori baik, sebasarn tersebut mengalami penurunan dari tahun 2106 yang
mencapai 99,94%. Adanya sisa anggaran
dimungkinkan oleh adanya efisiensi penggunaan anggaran. Sebanyak 7 kegiatan
yang tidak diserap dikarenakan hambatan teknis. Kegiatan dimaksud yaitu:
Tabel daftar kegiatan tahun 2017 dengan capaian
realisasi anggaran dibawah 25%
Program/ Kegiatan
|
Anggaran
|
Realisasi
|
Prosentase
|
Sisa Anggaran
|
Renovasi Paud Al Mubarokah Mulabarukrt
01 Rw 05
|
50.000.000
|
615.000
|
1,23%
|
49.385.000
|
Pengadaan Mebeler Paud Al Bariah Rt 01
Rw 13 Kp. Genteng Kel. Sukajaya Kecamatan Tarogong Kaler
|
50.000.000
|
-
|
0,00%
|
50.000.000
|
Pengadaan Buku Penunjang Peningkatan
Kapasitas Kompetensi Guru Untuk Jenjang Sd Dan Smp (Banprov 2017)
|
3.930.000.000
|
-
|
0,00%
|
3.930.000.000
|
Pengadaan Buku Pengembangan Budaya Dan
Karakter Bangsa Sd Dan Smp Di Kabupaten Garut (Banprov 2017)
|
6.555.000.000
|
-
|
0,00%
|
6.555.000.000
|
Pengadaan Buku Ensiklopedia Untuk
Perpustakaan Sd Dan Smp Di Kabupaten Garut (Banprov 2017)
|
6.850.000.000
|
-
|
0,00%
|
6.850.000.000
|
Beasiswa Pedamping Kuliah Bagi Siswa
Berprestasi Pada Keluarga Miskin (Para Petani Pedagang Kecil)
|
900.000.000
|
-
|
0,00%
|
900.000.000
|
Jumlah
|
18.335.000.000
|
615.000
|
0,00%
|
18.334.385.000
|
Kendala Capaian Kinerja
Indikator
yang belum mencapai target antara lain : APM SD, rata-rata nilai ujian SMA/SMK
dan rata-rata nilai ujian paket C.
1. APM SD berkaitan dengan ketersediaan sarana dan
prasarana penunjang kuantitas layanan pendidikan seperti Ruang Kelas dan
Mebelair. Kebutuhan Ruang Kelas Baru masih tinggi terlihat dari analisis rasio
ruang kelas rombel dengan kesimpulan pada tahun 2017 dibutuhkan sebanyak 1.462
ruang kelas baru.
2. Rata-rata nilai ujian SMP merupakan indikator dari
Meningkatnya kualitas layanan Pendidikan. Rata-rata nilai ujian SMP pada tahun
2017 mencapai 59,99, mengalami penurunan sebesar 2,01 dari tahun 2016.
Rata-rata nilai ujian SMP pada tahun 2017 memiliki capaian kinerja sebesar
109,07%% dari target 55 (sebagaimana ditetapkan dalam Perkin 2017). Pada tahun
2017 sistem penilaian beralih dari berbasis kertas menjadi berbasis komputer.
3. Kompetensi pendidik dapat dilihat dari persentase
pendidik bersertifikasi. Pada tahun 2017 pendidik yang telah bersertifikasi
hanya 50,66%.
Saran
Untuk
memperbaiki kinerja khususnya pada tiga indikator di atas direkomendasikan
untuk:
1. Meningkatkan jumlah ruang kelas sejumlah 1.461 ruang
kelas, namun dengan pertimbangan kemampuan anggaran diusulkan untuk menambah
ruang kelas baru sejumlah 300 ruang kelas.
2. Peningkatan rata-rata nilai ujian diwujudkan melalui
a. pembentuk dan penguatan fungsi Musyawarah Guru Mata
Pelajaran (MGMP)
b. Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru
c. Pelatihan atau bimbingan teknis kurikulum 2013
d. Peningkatan kualifikasi pendidikan menjadi minimal
S1
e. Penjaminan penyediaan buku pegangan siswa dan guru
melalui dana BOS
f. Penyediaan alat peraga pendidikan
Komentar
Posting Komentar