Pendidikan Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat dalam Rencana Strategis Periode 2014-2019
Dinas Pendidikan Kabupaten Garut sebagai salah satu perangkat daerah memiliki kewenangan mengelola berbagai aspek pendidikan yang menjadi kewenangan Kabupaten Garut. Kewenangan itu meliputi pendidikan formal, dan pendidikan non formal. Pada sub sistem pendidikan formal, kewenangan Dinas Pendidikan meliputi Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) (update : SMA dan SMK mulai tahun 2017 dialihkan menjadi kewenangan provinsi). Sedangkan pada sub sistem pendidikan non formal, kewenangan Dinas Pendidikan meliputi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Kesetaraan dan Pendidikan Masyarakat.
Visi Dinas Pendidikan Kabupaten Garut periode 2014-2019
Terbentuknya Sumber Daya Manusia yang agamis, berakhlak mulia, cerdas dan terampil serta lingkungan pendidikan yang berlandaskan gotong royong
Tujuan Strategis Dinas Pendidikan Kabupaten Garut periode 2014-2019
Dinas Pendidikan Kabupaten Garut sebagai salah satu perangkat daerah memiliki kewenangan mengelola berbagai aspek pendidikan yang menjadi kewenangan Kabupaten Garut. Kewenangan itu meliputi pendidikan formal, dan pendidikan non formal. Pada sub sistem pendidikan formal, kewenangan Dinas Pendidikan meliputi Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) (update : SMA dan SMK mulai tahun 2017 dialihkan menjadi kewenangan provinsi). Sedangkan pada sub sistem pendidikan non formal, kewenangan Dinas Pendidikan meliputi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Kesetaraan dan Pendidikan Masyarakat.
Visi Dinas Pendidikan Kabupaten Garut periode 2014-2019
Terbentuknya Sumber Daya Manusia yang agamis, berakhlak mulia, cerdas dan terampil serta lingkungan pendidikan yang berlandaskan gotong royong
Misi Dinas Pendidikan Kabupaten Garut periode 2014-2019
- Mewujudkan akses yang terjangkau, merata dan berkeadilan
- Mewujudkan pembelajaran yang bermutu
- Mewujudkan penguatan tata kelola serta peningkatan efektifitas dan efisiensi SKPD dan pelibatan publik
Tujuan Strategis Dinas Pendidikan Kabupaten Garut periode 2014-2019
- Meningkatkan Akses Pendidikan yang terjangkau, merata dan berkeadilan
- Meningkatkan mutu pembelajaran
- Meningkatkan Sistem Tata Kelola yang Transparan dan Akuntabel dengan Melibatkan Publik
Adapun sasaran program
kegiatan sesuai dengan visi dan misi serta tujuan pelaksanaan kegiatan
dilingkungan dinas pendidikan kabupaten Garut, dilakukan secara bertahap
berdasarkan rencana kerja (RENJA) untuk setiap tahunnya sesuai dengan target
yang akan ditentukan. Adapun sasaran kegiatan tersebut di deskripsikan sebagai
berikut :
a.
Tujuan Misi ke-1 :
Misi ke-1
|
Mewujudkan akses yang terjangkau, merata dan berkeadilan
|
Penang
gungjawab
|
PAUDNI, SD dan SMP
|
Tujuan
|
Meningkatkan Akses Pendidikan yang terjangkau, merata dan berkeadilan
|
Sasaran
|
1.
Tersedia
dan terjangkaunya akses pendidikan bagi anak usia sekolah melaui pendidikan
formal
2.
Tersedia
dan terjangkaunya akses pendidikan bagi penduduk putus sekolah melalui
pendidikan non formal
|
b. Tujuan Misi ke-2,
Misi ke-2
|
Mewujudkan pembelajaran yang bermutu
|
Pelaksana
|
PAUDNI, SD, SMP, Data dan Ketenagaan
|
Tujuan
|
Meningkatkan mutu
pembelajaran
|
Sasaran
|
1.
Meningkatnya lulusan
pendidikan
2.
Tersedianya tenaga pendidik dan
kependidikan yang bermutu
|
c. Tujuan Misi ke-3,
Misi ke-2
|
Mewujudkan penguatan tata kelola
serta peningkatan efektifitas dan efisiensi SKPD dan pelibatan publik
|
Pelaksana
|
Sekretariat, Data dan Ketenagaan
|
Tujuan
|
Meningkatkan Sistem Tata Kelola yang Transparan dan Akuntabel
dengan Melibatkan Publik
|
Sasaran
|
Meningkatnya akuntabilitas kinerja dan
partisipasi publik
|
Adapun target capaian
setiap tahun dari setiap tujuan dan sasaran adalah sebagai berikut:
Tabel 4.1 Tujuan dan
Sasaran Jangka Menengah Pelayanan SKPD
No
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Indikator Kinerja
|
Satuan
|
Target Per Tahun
|
||||
2015
|
2016
|
2017
|
2018
|
2019
|
|||||
Meningkatkan Akses Pendidikan yang
terjangkau, merata dan berkeadilan
|
Tersedia dan terjangkaunya akses pendidikan
bagi anak usia sekolah melaui pendidikan formal
|
Angka Partisipasi Kasar PAUD
|
%
|
34,41
|
70
|
72
|
74
|
76
|
|
Angka Partisipasi Murni (APM) SD/MI/Paket A
|
%
|
100
|
100
|
100
|
100
|
100
|
|||
Angka Partisipasi Murni (APM) SMP/MTs/Paket
B
|
%
|
94.73
|
95.68
|
96.64
|
97.60
|
98.58
|
|||
Angka Partisipasi Murni (APM))
SMA/SMK/MA/Paket C
|
%
|
55.88
|
61.41
|
||||||
Angka Harapan Lama Sekolah (HLS)
|
Angka
|
12.12
|
12.38
|
12.63
|
|||||
Tersedia dan terjangkaunya akses pendidikan
bagi penduduk putus sekolah melalui pendidikan non formal
|
Jumlah lulusan pendidikan kesetaraan paket A
|
Angka
|
800
|
200
|
200
|
100
|
|||
Jumlah lulusan pendidikan kesetaraan paket B
|
Angka
|
2300
|
1800
|
2000
|
2000
|
||||
Jumlah lulusan pendidikan kesetaraan paket C
|
Angka
|
120
|
2500
|
3000
|
3000
|
||||
Rata-rata Lama Sekolah (RLS)
|
Angka
|
7.91
|
8.1
|
6.92
|
6.95
|
6.99
|
|||
2
|
Meningkatkan mutu pembelajaran
|
Meningkatnya mutu layanan dan lulusan
pendidikan
|
% PAUD terakreditasi
|
%
|
10
|
10
|
15
|
15
|
|
Rata-Rata Nilai Ujian SD
|
Angka
|
55
|
55
|
55
|
55
|
||||
% Kelulusan SD
|
%
|
100
|
100
|
100
|
100
|
100
|
|||
% Lembaga SD Terakreditasi minimal B
|
%
|
60
|
60
|
65
|
70
|
||||
Rata-Rata Nilai Ujian SMP
|
Angka
|
55
|
55
|
55
|
55
|
||||
% Kelulusan SMP
|
%
|
100
|
100
|
100
|
100
|
100
|
|||
% Lembaga SMP Terakreditasi minimal B
|
%
|
60
|
60
|
65
|
70
|
||||
Rata-Rata Nilai Ujian SMA/SMK
|
Angka
|
55
|
|||||||
% Kelulusan SMA/SMK
|
%
|
100
|
100
|
||||||
% Lembaga SMA/SMK Terakreditasi minimal B
|
%
|
40
|
|||||||
Rata-rata nilai ujian paket A
|
Angka
|
55
|
55
|
55
|
55
|
||||
Rata-rata nilai ujian paket B
|
Angka
|
55
|
55
|
55
|
55
|
||||
Rata-rata nilai ujian paket C
|
Angka
|
55
|
55
|
55
|
55
|
||||
% PKBM dan Lembaga Kursus Terakreditasi
|
%
|
5
|
5
|
5
|
5
|
||||
Tersedianya tenaga pendidik dan kependidikan
yang bermutu
|
Rata-rata Uji Kompetensi Guru
|
Angka
|
60
|
60
|
70
|
75
|
|||
3
|
Meningkatkan Sistem Tata Kelola yang
Transparan dan Akuntabel dengan Melibatkan Publik
|
Meningkatnya akuntabilitas kinerja dan
partisipasi publik
|
Nilai Evaluasi AKIP
|
Kategori
|
Baik
|
Baik
|
Baik
|
Baik
|
|
Indeks Kepuasan Masyarakat
|
Kategori
|
C
|
B
|
B
|
B
|
Komentar
Posting Komentar